Minggu, 21 Oktober 2012

ORA DUWE WUDEL


Udel atau wudel memiliki sinonim Puser, Nabi, Pusar atau Pusat, adalah tanda suatu lubang tertutup diatas perut yang dibuat dengan sengaja ketika tali puser dilepas dan dipotong dari perut bayi yang baru lahir agar terlepas dari plasenta Ibunya. Semua Makluk berplasenta pasti punya udel atau pusar.
Noereni Sejak balita sangat gemar sekali memainkan udelnya sendiri. Jika ada ungkapan kata "tanpa udel" atau ora duwe udel, bukan berarti tidak mempunyai pusar, sekedar kata kiasan. Dalam bahasa Indonesia belum dijumpai ungkapan "tidak mempumyai pusar". Kata Kigeol Kuda itu tidak memiliki udel, oleh karena itu larinya kencang. Singa juga mampu lari kencang apakah tidak berudel??? Noereni sangat takut untuk mengintip apakah memiliki udel atau tidak.
Kita pernah memilki seorang pelawak tersohor Drs. Panji Purnomo Tedjokusumo (Ayah angkat Tedjo Waskito pada waktu kuliah di Jogja), yang lebih gaul dipanggil Mang Udel. Kigeol menemukan di internet, sebuah blok yang diberi nama sak enak udel, yang suka memberi informasi berbagai informasi serba unik dan jarang dibicarakan orang sekarang.
Diluar kosakata dalam bahasa jawa, Udel Juga terdapat di Blitar sebuah pemandian terkenal dengan nama "Sumber Udel" Orang jawa memiliki kegemaran bermain kata memilki makna ganda, tregantung konteks pembicaraan. Udel bodong tidak hanya berarti pusernya menonjol, tetapi juga bermakna kiasan, artinya orang yang seenaknya sendiri atau semau gue. Udele lagi bolong dimaknai sedang berbaik hati. Dimasa lalu ungkapan Jawa " ora duwe udel " dalam pacalotan, pembicaraan sehari-hari, bermakna ora duwe nalar, bodoh. Ungkapan ora duwe udel itu bisa bergeser maknanya, menjadi ora duwe isin. tidak punya rasa malu.
Ora duwe udel yang bermakna tidak mempunyai rasa malu ini, dalam kehidupan sehari-hari, sekarang jumlahnya sampai tak terhingga, di negeri yang dalam orasi atau pidato dikatakan memiliki budaya luhur. Dalam budaya manapun orang yang tidak mempunyai rasa malu demikian tergolong cacat tercela akhlaknya. Sekarang ora duwe udel telah menjalar dimana-mana; mulai dari yang paling sederhana dalam kehidupan sehari-hari sampai pada masalah masalah kenegaraan. Contoh mutakhir Pembentukan Setgab dan usulan dana aspirasi, ini adalah ekpresi dari orang-orang duwe udel !!!!! Lain lagi Umi Fransisca migat migut nganggo rok mini pamer udel, bukan berarti ra duwe udel, Mbak Rini memaknainya raduwe kesel.
https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/36712_137217306288725_7671945_n.jpg